04 November 2009

ArTi NaM4 L1nT4NG

arti kata “Lintang”

"Lintang", bwat sebagian orang mungkin kedengarannya agak aneh ya ada nama orang kaya gitu…waktu kecil, gw pernah protes ama nyokap,"kenapa sih aku dinamain "Lintang"?kan aneh! namanya androgini bgt! ga jelas itu nama cewe ato cowo!dan nama itu sangat tidak familiar bwt org2!"…
truz nyokap gw pun bilang, "waduh, tu yang namain papa kamu, dya dah ngasih nama itu sejak kamu b’usia 2 bulan dalam perut mama."
gile, b’arti gw dah dinamain "Lintang" sejak gw msh b’bentuk janin yang belum sempurna?sejak roh gw blum ditiup ke dalam perut nyokap gw?!
entah kenapa bokap gw milih nama itu, mungkin karena dya guru geografi?hehe..
tapi klo kata bokap gw sih,"Lintang" itu artinya "bintang" dalam bahasa jawa & nama ini punya filosofi yg dlm bgt bwat dya.
nama "Lintang" menunjukkan identitas gw sebagai orang jawa (tentunya bokap gw bermaksud spy gw ga ngelupain tata krama jawa kli ya?!)
yah ga taw deh!truz kenapa gw ga dinamain "wulan", toh itukan bhs jawa jg & lebih familiar..kata bokap gw lagi, Bintang itu benda langit yang menyinari sekitarnya tanpa pamrih (seperti yg kita taw, orang2 selalu bilang "wajahmu cantik seperti bulan" ga da kan yg bilang "wajahmu cantik seperti bintang"?!)padahal bintang itu bersinar tanpa bantuan benda langit lainnya, sementara bulan? bersinar karena pancaran cahaya bintang (mm, matahari bintang juga kan?!)
jadi mungkin bokap gw mengharapkan gw dpt berkontribusi bwt org lain tanpa pamrih(ihiiiyy… xp)
setelah gede, gw malah bangga punya nama "Lintang", biarpun klo kenalan ama orang yg bukan dari suku jawa, nama gw sering dianggap aneh!
pada kenyataannya, sekarang banyak org yg menggunakan nama "Lintang" sebagai tokoh yang hebat dalam novelnya (Laskar Pelanginya Andrea Hirata atao Je M’appelle Lintang nya Ovi)
waktu magang di Departemen Kebudayaan Pariwisata, seorang bapak nanyain arti nama gw, "kamu tu orang mana sih? kok namanya Lintang? orang sulawesi ya?" hee?padahal bapak itu logat jawanya medok bgt!
kata nyokap gw emang sih ada salah satu marga sulawesi yang mirip nama gw, tapi itu "Lantang" bukan "Lintang" (bener ga tuh yg org sulawesi?)
pernah juga gw ngobrol ngalor-ngidul sama ibu2 depbudpar slama perjalanan thamrin-duren sawit, pas maw turun, dya baru nanyain nama gw, setelah gw blg nama gw Lintang, dya pun berkomentar "oalah, kamu tuh wong jowo toh nduk? tak kira wong sumatera, abiz kontur muka kamu kaya orang padang!"
haa?Padang dari mana?!dan gw pun termesem-mesem ngedengernya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar